Diberdayakan oleh Blogger.

Featured post

Alive [again]

Horraayyy... Its been a long time, niat ngeblog udah lama banget pengen dilakuin dan akhirnya bisa terealisasi 😭😭😭   Awalnya ...

5 Sep 2010

Tag:

Samsung galaxy tab penantang Apple iPad

Meski IFA yang digelar di Berlin baru dibuka Jumat besok namun dua hari ini pabrikan peranti elektronik sudah mulai menggelar preskon sejak kemarin. Salah satu yang jadi perhatian kali ini adalah Samsung yang memanfaatkan pameran consumer-electronics terbesar di Eropa ini untuk memperkenalkan Samsung GALAXY Tab yang sudah jadi rumor cukup panjang.



Dilihat dari bentuknya, GALAXY Tab ini memang masih tak jauh dari iPad milik Apple yang sampai sekarang sepertinya masih belum tertandingi. Hanya saja GALAXY Tab ini sedikit lebih kecil. Ukuran layarnya hanya 7 inci, lebih kecil dari iPad yang menggunakan layar 9,7 inci. Karena itu Samsung tak ragu-ragu mengklaim GALAXY Tab ini lebih pocketable. Bobot GALAXY Tab ini juga lebih ringan dari iPad, hanya 380gr saja.



Lalu apa beda GALAXY Tab ini dengan iPad? Yang pasti, GALAXY Tab menawarkan lebih banyak fitur ketimbang tablet punya Apple itu. Pertama, ada dua kamera pada tablet keluaran Samsung ini. Satu di bagian depan untuk video call dan satu lagi diletakkan di bagian belakang untuk mengambil foto atau aplikasi augmented reality. Mirip ponsel? Kurang lebih begitu. Menariknya lagi GALAXY Tab ini memang tak hanya mendukung transmisi data via jaringan 3G tapi juga bisa digunakan untuk menelepon layaknya ponsel.



Sementara ini, karena sistem operasi Android 3.0 Gingerbread yang memang dibuat untuk tablet belum jadi, Samsung menggunakan sistem operasi Adroid 2.2 Froyo yang sejatinya dirancang untuk ponsel. Akibatnya, Samsung harus membuat kostumasi agar tampilan bisa memenuhi layar dengan resolusi 1.040 x 600 pixel pada tablet ini. Nantinya, Samsung bakal mengganti sistem operasi ini dengan Gingerbread saat sistem operasi Google itu sudah siap.

Dalam acara preskon itu Samsung juga menyebutkan kalau GALAXY Tab ini bakal mampu beroperasi selama delapan jam penuh. Cukup optimis meski masih belum mengalahkan baterai iPad yang kabarnya bisa menyuplai daya sampai sepuluh jam. Yang pasti, karena menggunakan sistem operasi Android, Adobe Flash juga akan didukung oleh tablet yang satu ini.




Oktober adalah bulan dilepasnya Samsung GALAXY Tab ini meski saat itu tablet ini baru akan beredar di daratan Eropa saja. Sepertinya, AS bakal menyusul setelah itu meski Samsung belum melepas informasi apa pun soal ini. Kemungkinan, GALAXY Tab ini bakal dilepas lewat operator sehingga harga jualnya bisa rendah, dengan konsekuensi Anda harus berlangganan paket dari operator tersebut.

*Courtesy Kapanlagi.com

About CATETAN SI OJAN

Hi, My Name is Ojan. I am very interested in any case and always felt curious. I am a Industrial Engineering graduate and love doing anything about design. Graphic Designer also had interested with bussiness management and social media promotion.

1 komentar:

Posting Komentar