Diberdayakan oleh Blogger.

Featured post

Alive [again]

Horraayyy... Its been a long time, niat ngeblog udah lama banget pengen dilakuin dan akhirnya bisa terealisasi 😭😭😭   Awalnya ...

3 Mei 2012

Satu organisasi bukan berarti HARUS satu pemikiran

Yup, kali ini gue akan sedikit bercuap cuap mengenai organisasi dan orang orang yang terkait didalamnya. Organisasi sejatinya menjadi fasilitas bagi seseorang untuk dapat mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya, entah bakat berbicara, mengatur sesuatu, bertanggung jawab terhadap tugas yang di emban, and may more. Organisasi merupakan tempat yang baik untuk melatih dan mengembangkan mental seseorang, karena berorganisasi itu bukan hal yang mudah loh , kita harus belajar menghargai waktu, belajar menghargai partisipan yang ada dalam organisasi, belajar menghargai pendapat orang lain dan yang paling penting harus belajar menghargai segala perbedaan pendapat ataupun prinsip yang di miliki oleh masing masing individu.

Menurut gue, satu organisasi bukan berarti seiya sekata dalam segala hal, mungkin lebih tepatnya satu tujuan dan satu visi misi merupakan hal yang sangat tepat. Yah satu organisasi bukan berarti harus satu pemikiran kan? Yang berarti meskipun tidak seiya dan tidak se-kata, tetap berlandaskan landasan  atau panutan organisasi itu sendiri, yaitu kembali lagi kepada tujuan dan visi misi yang akan dicapai sehingga meskipun setiap individunya tidak memiliki kesamaan keinginan akan kembali berfikir mengenai tujuan yang akan dicapai. Jadi setiap individu yang berada dalam sebuah organisasi tidak harus mengikuti hal yang tidak sesuai dengan keyakinannya. itu hak loh ;) yang intinya, meskipun memiliki pendapat masing masing individu yang berbeda, akan tetap mengacu kepada sebuah solusi untuk mencapai tujuan dan visi misi yang akan dicapai.


Seseorang yang terjun didalam sebuah organisasi seharusnya memiliki manner yang baik. Baik dalam segi tutur kata, sikap dan tingkah laku, kenapa? karena, organisasi yang baik itu adalah yang dapat menghasilkan pribadi organisator yang baik pula. Jika seorang organisator menyimpang atau tidak memiliki manner tentunya sayang disayangkan sekali.

Dalam melanjutkan hidup sebuah organisasi tentunya diperlukan regenerasi kepengurusan dan anggotanya. Tentu dilakukan perekrutan atau kegiatan yang sejenis untuk menarik partisipan untuk bergabung dalam sebuah organisasi. Pastinya, selalu ada cara yang lebih baik untuk mengajak orang - orang untuk mengikuti sebuah organisasi, seperti menjelaskan maksud dan tujuannya, manfaatnya apa, dan hal hal yang biasanya dianggap sepele lainnya. Bukan dengan cara memaksa sampai berkata - kata kasar untuk mengajak seseorang dalam berorganisasi.

Tentunya cara yang tidak baik dalam mengajak seseorang untuk bergabung tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Hendaknya belajar untuk menghargai privasi dan prinsip seseorang, itu penting loh! .

Intinya sih satu organisasi bukan berarti harus satu pemikiran, setiap individu berhak memiliki pendapat yang sesuai dengan masing masing prinsipnya. Kita tidak bisa memaksa seseorang untuk mengikuti keinginan pemimpin sebuah organisasi jika dirasa tidak sesuai atau dirasa kurang pas secara logika. 

Inti dari segala hal adalah komunikasi, ciptakan sebuah saluran dan kegiatan komunikasi yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula :).
Published: By: Si Ojann - 05.59